Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Ini Dia Kunci Sukses Pelajar SMK!

12 September 2021 10:33:00Kategori : Berita   Setditjen Diksi
Ini Dia Kunci Sukses Pelajar SMK!

Jakarta, Ditjen Diksi – Keberhasilan seseorang dapat diraih ketika orang tersebut dapat belajar, bergerak, atau bekerja di bidang yang menjadi passion, serta didukung karakter yang baik menjadi pelajar Pancasila. Adapun salah satu perwujudan dari upaya tersebut, yakni melalui Merdeka Belajar.

“Dengan populasi anak SMK yang semakin banyak, dengan semangat merdeka, mari kita wujudkan pelajar berprofil pelajar Pancasila. Merdeka Belajar adalah memberikan kemerdekaan untuk belajar apa yang kalian sukai, apa yang menjadi passion kalian. Menjadi apa pun sesuai passion, visi, bakat, dan cita-cita kalian,” jelas Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto dalam “Sapa Peserta Didik SMK” yang digelar Direktorat SMK secara virtual (8/9).

Wikan menjelaskan, karakter profil pelajar Pancasila tersebut, di antaranya (1) beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia; (2) berkebhinekaan global; (3) gotong-royong; (4) mandiri; dan (5) bernalar kritis, berpikir, dan berkreativitas.

Pada kesempatan tersebut juga dihadirkan lulusan SMK yang berprestasi dan kompeten di bidangnya, yakni Awwalur Rizqi Al-Firori yang merupakan alumni dari SMKN 9 Surabaya dan Novia Noval Bachmid, jebolan SMK Paramitha 1 Jakarta.

Sebagai contoh Awwalur Rizqi Al-Firori atau dikenal dengan Alffy Rev yang menyukai dunia musik, hingga membuatnya mempelajari lebih dalam mengenai musik di SMKN 9 Surabaya. “Di SMK saya sangat bangga karena itu eksklusif belajar kejuruan, dan sangat bermanfaat buat saya,” ujarnya.

Sedangkan Novia Noval Bachmid atau dikenal Novia Bachmid tercacat memiliki passion di bidang tarik suara hingga membuatnya terjun ke dunia entertaintment.  “Kalau Novia sendiri dari kecil suka menyanyi hingga akhirnya ikut Idola Cilik 2013. Karena bakat menyanyi dan pasti akan berkaitan sama entertaint, akhirnya Novia pasti butuh multimedia. Makanya, aku jadinya ingin belajar di multimedia yang ada di SMK,” tuturnya.

Melalui “Indonesia Wonderland” yang berhasil menembus trending peringkat satu dunia, kedua jebolan SMK tersebut berkolaborasi melahirkan sebuah mahakarya yang sangat luar biasa. Sebagai komposer musik, Alffy membuat karya “Indonesia Wonderland” dengan menggandeng Novia sebagai penyanyi yang mengisi dalam video tersebut. Alffy mengaku, dirinya sangat menikmati proses pembuatan video yang memperlihatkan keberagaman kekayaan Indonesia yang dikemas secara modern tersebut.

Alffy pun berharap kepada seluruh peserta didik SMK untuk dapat mencintai segala proses yang terjadi, hingga akhirnya dapat berprestasi dan melahirkan karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat. “Saya orang yang membuktikan bahwa mencintai proses itu penting. Yang paling penting kita harus mempertanggung-jawabkan mimpi. Untuk mencapai mimpi, jangan terlalu berpikir bagaimana hasilnya dan apa yang kita punya, karena yang penting itu prosesnya,” terangnya.

Adapun menurut Novia Bachmid, kunci suksesnya adalah dengan memiliki mimpi yang tinggi. “Jangan malu memilih SMK karena kalau SMK lebih ke kejuruan, dan SMA lebih ke umum. Novia sendiri enggak pernah malu kalau aku bilang, aku lulusan SMK. Kuncinya, ya bermimpilah setinggi mungkin. Jangan sampai hanya bermimpi, tapi tunjukkanlah mimpi itu,” ungkapnya.

Tak ketinggalan, Dirjen Wikan turut menyampaikan rasa bangganya terhadap kedua alumni SMK tersebut. “Ke depan, saya berharap dapat kembali lahir lulusan SMK yang kompeten, berkarakter, serta kreatif,” pungkasnya. (Diksi/Tan/AP)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.