Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Yuk, Intip Syarat dan Ketentuan Ikut V-Factor!

05 Juli 2021 11:26:00Kategori : Berita   Setditjen Diksi
Yuk, Intip Syarat dan Ketentuan Ikut V-Factor!

Jakarta, Ditjen Diksi – Guna mengasah kreativitas peserta didik vokasi dalam berkarya serta melahirkan berbagai inovasi produk maupun layanan jasa, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi kembali menyelenggarakan V-Factor Indonesia yang pendaftarannya sudah mulai dibuka hingga 31 Juli 2021.

Menurut Sekretaris Jenderal Pendidikan Vokasi Henry Tambunan, V-Factor sangat tepat sebagai wadah bagi insan vokasi untuk unjuk kreativitas sesuai dengan bidang kompetensinya masing-masing. “V-Factor merupakan ruang inkubator, ekspresi dan apresiasi bagi peserta didik vokasi yang kreatif dan inovatif, serta dunia pendidikan vokasi guna membalik stigma pendidikan vokasi. Yakni, untuk menyadarkan publik msayrakat bahwa kekuatan vokasi ini sangat kuat untuk menciptakan SDM yang dibutuhkan oleh industri,” tuturnya.

Henry juga mengakui bahwa ini merupakan salah satu dari strategi komunikasi kepada masyarakat untuk mengenalkan istilah vokasi, serta mengedukasi masyarakat bahwa keberadaan pendidikan vokasi ini sangat diperlukan seperti yang tercantum pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2019 tentang Kemdikbud, bahwa berdasarkan aturan ini telah lahirlah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang disiapkan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di industri 4.0 yang terampil dan ahli di bidangnya, serta menciptakan SDM yang siap membuka lapangan pekerjaan.

Karenanya, V-Factor diselenggarakan untuk memberi warna baru bagi masyarakat dalam mengedukasi, yakni dengan mengajak peserta didik vokasi secara langsung untuk turut terlibat dalam menyalurkan kompetensinya melalui produk, prototype atau keahlian kompetensi lainnya. “Unjuk karya vokasi ini tentu akan melibatkan peserta didik vokasi yang meliputi peserta didik SMK, politeknik, akademi komunitas atau universitas penyelenggara pendidikan vokasi yang berbasis interaksi kreatif yang melibatkan 6 bidang keahlian. Bisa juga diikuti oleh peserta didik lembaga kursus dan pelatihan,” terang Henry.

Adapun enam bidang keahlian yang dimaksud ialah manufaktur, konstruksi, hospitality, care service, seni dan industri kreatif, serta karya dan keahlian lainnya.

Syarat dan Ketentuan

Adapun untuk dapat mendaftarkan diri pada ajang unjuk kreativitas peserta didik tersebut, perlu diperhatikan syarat dan ketentuan peserta, yakni:

1. Wajib peserta didik vokasi;

2. Memiliki karya atau keahlian yang kreatif dan inovatif. Contoh karya hasil kreasi berupa produk atau prototype, misalnya robotik dan animasi. Sedangkan contoh dari keahlian kompetensi individu maupun kelompok, misalnya meracik makanan dengan cara unik; serta

3. Sebaiknya sudah pernah mengikuti kompetisi.

Selain itu, situasi dan kondisi pandemik Covid-19 yang belum berakhir mengimbas pada pelaksanaan V-Factor 2021 yang diselenggarakan secara daring. Karenanya, hasil pembuatan karya peserta harus dituangkan melalui video.

Adapun syarat dan ketentuan dalam pembuatan video sebagai berikut:

1. Video dikirim dengan format HD 1080 pixel, 16:9 wide screen, H.264;

2. Video durasi 3-5 menit dengan detail: opening/bumper, penampilan dan penjelasan karya keahlian, closing/bumper;

3. Alat rekam sebaiknya menggunakan kamera HD (misalnya mirrorless dan DSLR);

4. Menggunakan lampu/pencahayaan yang bisa menunjang kecerahan video dengan kualitas setara dan tidak backlight;

5. Audio menggunakan audio hasil rekaman dengan alat rekam, seperti zoom recorder atau alat rekam suara dengan hasil WAV atau MP3;

6. Menggunakan satu angle atau lebih untuk menunjang hasil presentasi yang memadai;

7. Berisi wawancara peserta mendeskripsikan spesifikasi dan detail produk secara menyeluruh;

8. Video menggunakan bahasa Indonesia. Jika menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing, sebaiknya menyertakan terjemahan;

9. Video tidak mengandung unsur SARA, politik, kekerasan, pornografi, atau mendiskreditkan suatu merek/instansi;

10. Gunakan bumper in dan bumper out yang sudah disiapkan panitia pada video masing-masing peserta (link unduh: http://ringkas.kemdikbud.go.id/BUMPER); serta

11. Gunakan tumbnail yang sudah disediakan oleh panitia saat mengunggah Youtube (link unduh: http://ringkas.kemdikbud.go.id/THUMBNAIL)

Untuk itu, bagi peserta didik yang hendak mendaftarkan diri untuk mengikuti V-Factor dapat mendaftar melalui http://ringkas.kemdikbud.go.id/DaftarVFactor2021. (Diksi/Tan/AP)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.